Media Terbaik Pengganti Rockwool Hidroponik untuk Menanam Anggrek

Senin, 27 Februari 2017

Media Terbaik Pengganti Rockwool Hidroponik untuk Menanam Anggrek

Ada beberapa media tanam yang sering digunakan saat melakukan metode tanam hidroponik. Salah satu media tanam yang paling terkenal saat ini adalah rockwool. Rockwoll sendiri merupakan media tanam hidroponik yang berbahan dasar seperti busa. Media yang satu ini mempunyai serabut halus yang ringan. Karena inilah banyak yang menggunakan rockwool ini. Namun tahukan Anda sudah bahwa ada beberapa pengganti rockwool hidroponik yang menjadi incaran lainnya?

media tanam penganti rockwoll
Baca Juga : Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Dari Plastik

Media Tanam Hidroponik Pengganti Rockwool

Karena kita tidak membutuhkan tanah ketika menanam dengan hidroponik, ada beberapa media terbaik untuk media tanam hidroponik. Salah satunya adalah rockwool. Media ini sangat cocok untuk menanam berbagai jenis bunga. Salah satunya adalah bunga anggrek. Nah, apakah ada pengganti rockwool hidroponik yang bisa kita gunakan? Jawabannya ada banyak. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Arang sekam

Arang sekam merupakan media pengganti rockwool yang paling sering digunakan. Media yang satu ini bukan hanya digunakan untuk media tanam hidroponik saja, melainkan banyak digunakan untuk media tanam di pot maupun polybag. Salah satu ciri khas yang dimiliki media ini kemudahannya dalam mengikat air dan aerasi yang sangat baik sekali. Sehingga tidak salah jika arang sekam menjadi pilihan terbaik sebagai media tanam hidroponik.
  • Spons

Siapa sangka spons yang digunakan untuk membersihkan perabotan rumah tangga juga bisa digunakan menjadi media tanam metode hidroponik. Spons merupakan media yang mampu menyerap air secara. Sehingga akar pada tanaman mampu disangga dengan sangat baik dengan media ini. Pemanfaatan spons untuk pengganti rockwool hidroponik sendiri sangat banyak dilihat pada teknik ikebana dan juga teknik dalam merangkai bunga sehingga tanaman akan tetap segar nantinya.
  • Coir

Media pengganti rockwool hidroponik yang bisa kita gunakan selanjutnya adalah media coir. Coir sendiri merupakan media tanam organik berbahan dasar serbuk dari sautan kelapa. Sehingga tidak salah jika media ini merupakan media tanam metode hidroponik paling ramah lingkungan. Selain itu, media ini juga memiliki daya serapan air yang tinggi. Sehingga membuat tanaman akan jauh lebih segar dan kuat nantinya.
  • Perlite

Perlite dikenal sebagai media yang mampu menggantikan rockwool, karena terbuat dari batuan silica. Bebatuan yang satu ini terlebih dahulu dipanaskan dengan suhu tinggi. Perlite mempunyai aerasi yang sangat baik. Selain itu, perlite juga mempunyai PH netral yang mempunyai bobot beban ringan. Karena memiliki daya serap air yang baik, tidak bisa diragukan lagi bahwa perlite mampu menjaga keseimbangan akar tanaman.
Demikianlah info seputar berbagai media yang mampu menjadi pengganti rockwool hidroponik saat Anda menanam anggrek di rumah. Tentunya dengan menggunakan pengganti tersebut, Anda tidak perlu bingung saat ingin melakukan metode tanam hidroponik pada anggrek. Selamat mencoba, semoga dengan perawatan yang benar, hasil metode hidroponik yang Anda coba berhasil.